Rabu, 17 April 2013

Rekor, Islam Agama Paling Cepat Berkembang di California

Islam kini tercatat sebagai agama yang paling cepat berkembang di negara bagian California, Amerika Serikat (AS). Pertumbuhan pesat itu terutama terjadi di San Diego, daerah kedua yang paling padat penduduknya di California. Demikian temuan sensus baru-baru ini.

Sensus yang diprakarsai Asosiasi Statistik dari Badan Keagamaan AS itu menunjukkan, jumlah umat Islam di San Diego County tumbuh sebesar 179 persen dari 7.878 pengikut menjadi 21.994 pada kurun waktu satu dekade antara 2000 sampai 2010. Pertumbuhan pesat itu menempatkan Islam menjadi agama terbesar ketujuh di wilayah tersebut.

Sensus itu juga mengungkapkan, secara nasional, Islam tumbuh sebesar satu juta pengikut antara 2000 hingga 2010. Dengan demikian, pertumbuhan Islam lebih cepat daripada Mormonisme, yang kini memiliki pengikut 1,9 juta orang. Islam tumbuh sebesar 67 persen melampaui Mormonisme yang tumbuh sebesar 46 persen.


Apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pesat tersebut? Menurut sensus, imigrasi masih menjadi penyebab utama pesatnya pertumbuhan penduduk Muslim. Kebanyakan kaum imigrasi berasal dari Somalia, Irak, Afghanistan dan pengungsi Bosnia.

Kedua, peningkatan jumlah muslim di San Diego County dikarenakan adanya peningkatan kelahiran dari keluarga muslim. Dan ketiga, banyaknya mualaf.

Peningkatan jumlah Muslim juga diikuti oleh peningkatan jumlah masjid sehingga umat Islam, terutama dari kalangan imigran, lebih mudah mengintegrasikan dirinya dalam masyarakat.

Peningkatan jumlah Muslim juga dinilai meningkatkan pemahaman masyarakat AS tentang Islam. Di mana mereka lebih mudah menemukan umat Islam dan berkomunikasi langsung dengan mereka, sehingga bisa membandingkan antara citra Islam yang disuguhkan media dengan fakta lapangan yang sebenarnya. Dengan merasakan langsung keramahan umat Muslim, sebagaian masyarakat AS mulai menyadari bahwa stigma teroris dan sejenisnya hanyalah "black campaign" yang dipropagandakan oleh media. [IK/Rpb/bsb]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar