Rabu, 17 April 2013

Jumlah Masjid di Tajikistan Terus Bertambah

Jumlah Masjid di Tajikistan Terus Bertambah - 31 fasilitas keagamaan baru, termasuk 11 masjid besar, telah terdaftar di Tajikistan. Demikian diungkapkan, Kepala Komite Urusan Agama Tajikistan (CRA), Abdurahim Khloqov, dalam sebuah konferensi pers di Dushanbe, Senin (11/7) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Kholiqov juga membantah laporan yang dirilis oleh beberapa media Tajikistan bahwa ada hambatan dalam proses pendaftaran di asosiasi keagamaan. Menurut dia, pemberitaan media itu tidak mendasar.

"Situasi yang berlangsung dalam asosiasi keagamaan jauh lebih menguntungkan di Tajikistan daripada negara Muslim lain," kata dia seperti dikutip dari Asia-Plus, Selasa (12/7).

Dikatakan Abdurahim, hingga kini sudah ada 23 mushola, dua masjid besar, dua gereja dan empat madrasah yang telah didaftarkan dalam Komite Urusan Agama. Bila dikalkulasi, Tajikistan memiliki 39 masjid besar, 338 mushola, 3352 masjid sedang dan satu tempat ibadah.

"Tajikistan sekarang memiliki satu lembaga pendidikan tinggi Islam dan lima madrasah bagi siswa yang telah menyelesaikan sekolah menengah," kata dia.

Aktivitas keagaman di Tajikistan bergeliat kembali pasca runtuhnya Uni Soviet. Mayoritas agama yang dipeluk penduduk negara yang berada dikawasan Asia Tengah ini antara lain Islam dan Nasrani. Lantaran belum terbiasa dengan aktivitas keagamaan, Tajikistan acapkali mengalami kesulitan utamanya dalam melihat persoalan keberadaan tempat ibadah. [sumber: Republika]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar